Mencuci mocil atau sepeda motor bagi sebagian orang adalah membosankan. Selain itu jika tidak ada kompresor, mencuci sendiri bisa jadi tidak bersih karena tidak menjangkau tempat-tempat yang kecil dan tersembunyi. Hanya dibutuhkn modal sedikit dan pengelolaan yang tidak rumit untuk memperhitungkan bisnis ini sebagai alternatif.
Konsumen
Target konsumen adalah para memilik kendaraan ermotor, khususnya yang tinggal di sekitar.Hambatan
Tidak begitu banyak hambatan dalam bisnis ini kecuali persaingan, karna tetap banyak orang yang tidak ingin repot memncuci sendiri.
Bagaimana Memulai
Bisnis ini membutuhkan tempat, kira-kira cukup untuk sebuah mobil dan beberapa sepeda motor. Juga harus kita persiapkan peralatan pendukung seperti kompresor, kain lap, tempat untuk memcuci mobil dan lain-lain.
Untuk pegawai, cukup mudah mencarinya karena tidak diperlukan keahlin khusus. Tetapi meskipun begitu, harus kita pilih pekerja yang mau bekerja keras dan tidak malas. Sebagai pembayaran, bisa kita memberikan gaji, atau upah per mobil dan sepeda motor yang selesai dicuci.
Sebagai gambaran, untuk harga cuci sepeda motor berkisar antara Rp. 10.000,- sampai Rp. 15.000,-. Sedangkan untuk mobil berkisar antara Rp. 45.000,- sampai Rp. 75.000,-. Kita bisa menambahkan jasa cuci karpet di sini dengan perhitungan per meternya dan ketebalan karpet tersebut.
Analisis BEP
Kunci Sukses
Kualitas hasil cucian kita akan jadi pertimbangan bagi para pelanggan.Jika kualitas dililai kurang memuaskan mereka bisa mencari tempat lain. Dan jika memuaskan mereka akan terus menggunakan jasa kita dan bahkan mempromosikannya ke teman-temannya yang lain.
Sebagai penghargaan atas konsumen dan menarik pelanggan lebih banyak lagi, kita bisa memberi bonus dengan misalnya setelah sepuluh kali cuci, akan mendapatkan gratis sekali cuci. Hal itu bisa kita tempuh dengan memberikan semacam kuitansi khusus sebagai bukti menggnakan jasa kita.